http://addurl.nu TIPS BAGI LO YG GAGAL MASUK PTN - Bersosial

Mari membuat hubungan

Senin, 30 Juli 2018

TIPS BAGI LO YG GAGAL MASUK PTN

           Semua jalur sudah dilewati, mulai dari SNM, SBM, SMM, UMPTKIN, PMDK, SPAN, Mandiri PTN sana sini, Mandiri no test, dan lain sebagainya namun hasilnya DITOLAK.
Sungguh sakit rasanya bukan? Apalagi yg test berada di luar kota pusat, duuh terasa benar rasa sakitnya. Udh jauh² pergi test eh hasilnya kata "maaf".

Namun buat lo jangan berkecil hati, terutama untuk yg baru fresh graduate SMA/SMK/MAN/dll, gw punya pilihan kepada lo yg gagal masuk ptn, jadi jangan galau ya gaes.

1. Gap Year


Gap year, atau istilahnya mengulang setahun yang artinya lo akan melakukan test lagi di tahun berikutnya hanya utk mengejar PTN favorit lo ! wess kelihatanya keren ya, namun waktu setahun itu bisa dikatakan waktu yg lama dan selama setahun pasti ada aja gangguang lu buat test kedepan, kok gitu? Ya lu pikir aja setahun gk ada kegiatan apa² mau hari senin sampai senin kedepan akan berasa seperti hari minggu, libur setiap hari. 
Tapi pemahaman orang lain memang gap year selalu di lihat "nganggur setahun" , menurut gw lu yg gap year bukan lah pengangguran. Karena kalian akan mengorbankan waktu 1 tahun hanya untuk persiapan test besok. 
Lalu apa saja yg dilakukan para camaba selama gap year? Berikut tips nya  
  • Belajar 
Ya, tentu saja belajar untuk persiapan test tahun depan. Lo udah di kasih waktu selama setahun untuk belajar maka mulailah belajar dari sekarang. Jangan sampai lu habiskan waktu umur lu hanya untuk main².
  • Bantu bantu di rumah
Contohnya seperti sapu halaman, beli keperluan ke pasar, bantu masak, dll. Itung² sebagai tugas anak membantu orang tua
  • Konsisten
Konsisten terhadap tujuan PTN lo. "GW POKOKNYA PENGEN ILMU HUKUM UGM!!!" atau "GW HARUS MASUK IT ITB" keputusan terbaik lo udh tau dan sekarang hanya tinggal usaha. Jangan hanya buat komitmen di hati tapi tidak termotovasi untuh berusaha. Jadi tetapkan di hati tujuan PTN lo dan terus latih belajar lo dengan motivasi "GW AKAN LOLOS DI PTN TERSEBUT KARENA USAHA GW SEKARANG"

Berikut adalah contoh perjuangan senior kita selama gap year 
 Yucchi Finare the-beauty-of-gap-year
Sultan - mantan anak gapyear dapat ITB 


2. PTS, why not?


 Perguruan Tinggi Swasta, setiap Kota tempat tinggalmu pasti setidaknya ada 1 / 2 PTS terdekat. Jurusan² yg ada di PTS juga tidak kalah bagus dengan di PTN, seperti ilmu perminyakan Pertamina atau IT Telkom yg terjamin akan karena bidang mereka yg memang menggeluti keahlian tersebut. Mau dimana pun kamu kuliah hasilnya akan tetap kepada dirimu sendiri, bukan karena kuliah di PTS atau di PTN. Apapun ilmu yg kau dapat itu semua nilainya selalu berharga. Jadi jangan merasa minder apabila mendapat kampus yg tidak diinginkan, selama jurusan nya kamu minati mau di kampus manapun kamu pasti akan serius kuliah. PTS bukanlah tempat pelarian atau tempatnya para camaba gagal. Bagi camaba yg berpikir gap year itu buruk, maka lo bisa daftar di PTS terdekat lo dan mulailah berkuliah. Apabila lo merasa nyaman dan bisa serius di PTS tersebut ya lanjutkanlah kuliah di situ, tapi apabila lo yg di PTS dan masih menginginkan PTN dan membagi waktu belajar test dengan ngampus. Saya kasih jempol buat agan 👍

Yg bagus yg mana dong?

Apapun keputusan lo, itu semua adalah yg terbaik buat lo. Tidak ada waktu yg di sia siakan, karena waktu bersifat relative tergantung bagaimana kita menjalaninya. Yg memilih gap year gw ingin tekankan agar lebih lebih serius untuk belajar dan tidak ada hari hari yg terlewatkan. Dan yg memilih PTS jangan lagi merasa minder karna tidak bisa di PTN. Dimana pun ilmu yg kau dapat itu nilainya  sangat berharga dan kau sendiri tidak tau pasti masa depan lo apakah terjamin karena di PTS / PTN / dimanapun. Yg pasti selalu lah berdoa kepada Tuhan yg maha Esa, karena apapun jalan keluar yg diberikan itu niscaya adalah yg terbaik untuk kalian 

Terima kasih sudah membaca 😄, apabila lo ada yg ingin disampaikan silahkan berkomentar.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar